Selasa, 26 Januari 2016

Dua Sudut

0

Menulis, mendesain, itu butuh ketekunan.
Tidak serta merta kau lahir langsung jadi mahasiswa kan?
Kau harus mau kelas 1 SD dulu, lalu melewati 6 tahun pendidikan dasar, baru kau bisa lulus.
Kemudian, kau harus menambah 3 tahun lagi belajar di SMP. Setelah itu kau habiskan 3 tahun berikutnya dari hidupmu untuk mengaji di Aliyah. Setelah kau benar-benar khatam, dan siap melaju lebih cepat, kau baru boleh jadi Mahasiswa. Jadi Mahasiswa pun tidak boleh hanya duduk mendengarkan ceramah dosen saja. Kau harus belajar giat. Belajar di kelas, di kos, di rumah, di manapun kau berpijak. Kau juga harus berorganisasi, belajarlah dengan teman-temanmu, berjuanglah untuk ummat. Efektifkan 4 tahun jatahmu untuk menyelaraskan keduanya, agar kau tidak sekedar jadi mahasiswa ala kadarnya. Terus tempa dan bina dirimu. Agar kelak kau bisa hidup lebih bermanfaat.

Menulis dan mendesain juga begitu. Kau harus rajin membaca untuk bisa menulis. Kau tidak boleh hanya menunggu inspirasi menghampiri otakmu, karena inspirasi hadir justru dari bacaanmu. Kau harus mau memperhatikan lingkungan. Mengeja alur kehidupan makhluk lainnya. Kau harus lebih peka. Sehingga kau tidak begitu saja menerima penilaian orang.
Kau tidak boleh berleha-leha. Kau harus lebih banyak membaca, lebih sering mendengarkan, lebih bijak menarik kesimpulan.
Agar tulisanmu bermakna. Agar desainmu mengena.
Kau harus mau berpayah-payah untuk mencapainya.

Nah, itulah proses. Tidak serta merta berubah hanya dengan kedipan mata.
Ada masa dimana kau harus meluangkan waktu lebih dari orang lain. Meski sama-sama 24 jam, kau mungkin harus meluangkan separuh jatah waktumu untuk menekuninya. Atau bahkan lebih dari itu. Yang penting kau tidak menduakan dua samudra cintamu. Dan paling penting, tidak menyita waktumu dengan Tuhan. Agar kau tetap bisa menikmati hidup sebagai hambaNya. Agar kau bisa jadi master. Yang handal di bidangmu. Tapi tak pernah meninggalkan akhiratmu.

Purwokerto, 17 Rabiul Akhir 1437
25 Januari 2016






0 komentar:

Posting Komentar

Kawan, mohon komentar santunnya, untuk perbaikan ke depan ^^

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com