Sabtu, 09 Juli 2016

Kuliah

0

Kuliah

Di awal liburan semester empat mau ke semester lima, saat bisikan untuk terus lanjut atau putar balik menggema di sana sini. Pagi tadi saya mencoba mengalihkan isu di grup yang sepi diskusi. Dan, finally, menemukan satu tanggapan dari seorang kakak.  Cari orangnya di sini yaa.
Berikut ini saya kutip (dengan sedikit amandemen) tanggapannya terhadap pertanyaan saya, "Tujuan Kalian Kuliah Apa"?


Hmm berdasarkan dari berbagai narasumber yang pernah aku dengar, ya sebenernya tujuan kuliah itu macem-macem sih.

1. Mencari ilmu. Kan ma syaa Allah punya kesempatan langka buat nyari ilmu yang nggak tiap orang punya kesempatan ini.
Kalo memang tujuan kuliah untuk mencari ilmu, dalam menjalankan hari-hari kuliah pun diniatkan untuk itu. Tiap mau berangkat ke kampus, niatkan mencari ilmu, in syaa Allah itu jihad. Saat di kelas, memperhatikan dengan sungguh-sungguh, ngerjain tugas atau ujian dengan jujur dan sungguh-sungguh. Meski nilai yang  diperoleh antara orang yang jujur dengan mencontek itu beda, tapi percayalah kualitas diri orang yang jujur in syaa Allah lebih bagus karna ada ilmu walau cuma sedikit (dibandingkan dengan yang nyontek, otaknya tidak bekerja).

2. Patuh pada orang tua.
Sudah banyak cerita orang yg mbak dengar. Meski kuliah di jurusan yang tidak diinginkan, tapi dengan niat patuh, ujung-ujungnya sukses, entah itu lewat jalan apa.

3. Lalu kenapa kita mau belajar ilmu seperti fisika, kimia, dll? Bukankah nggak wajib? Yang wajib ilmu agama?
Iya, ilmu agama itu wajib. Tapi kalo kita udah terlanjur kuliah di jurusan tsb, ya kita wajib mempelajarinya. Lagipula, ilmu kayak fisika kimia itu fardu kifayah, kaum muslim harus ada yg mempelajarinya. Kita kan nggak mau segala penemuan teknologi dikuasai orang barat.

4. Kuliah buat nyari kerja dan dapet gaji.
Ini juga nggak salah sih, asalkan dapet gaji itu diniatkan utk apa?
Muslim punya uang banyak malah bagus, bisa sedekah sana sini, melakukan banyak hal untuk mencegah kemungkaran, dll.

5. Gimana yang merasa kuliah salah jurusan? Harus pindahkah? (Ini poinnya)
Lagi-lagi kembali ke niat.
Kalo pindah, diniatkan yg baik.
Kalo terpaksanya nggak pindah, juga harus diniatkan yang baik. Misal nggak ingin merepotkan orang tua, dll. In syaa Allah asal niat kita baik, kemudahan ada aja, datangnya bisa lewat mana aja. Lagian, Allah yang menempatkan kuliah di situ, artinya kita diamanahkan di situ, kita pasti bisa melewatinya. Ingatkan Allah nggak akan memberi ujian melebihi batas kemampuan hambaNya?
Kemudahan-kemudahan itu bisa datang darimana saja, dan di tiap kejadian pasti ada surprise dari Allah, asalkan hati kita masih khsnudzon pada Nya.

Asalkan hati kita masih khusnudzon pada Nya.

Rumah, 9 Juli 2016
Di luar sedang gerimis.
Laely Nurokhmah

0 komentar:

Posting Komentar

Kawan, mohon komentar santunnya, untuk perbaikan ke depan ^^

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com